Penting:

Jumlah maksimum peserta kuliah ini dibatasi paling banyak 35 orang karena kuliah ini tidak dapat diberikan secara masal. Kuliah ini diisi dengan latihan yang intensif untuk pembuatan kontrak perdata/bisnis internasional yang dikerjakan secara individu oleh mahasiswa.

Manfaat mata kuliah:

Kuliah Perancangan Kontrak Internasional berguna bagi mahasiswa yang akan memilih profesi menjadi lawyer, notaris, legal consultant dan yang berniat bekerja di institusi/perusahaan yang memiliki kerjasama bisnis dengan pihak asing.  Di era globalisasi, hampir semua institusi/perusahaan di Indonesia, baik itu milik negara atau swasta, melakukan kerjasama bisnis dengan pihak asing. Mereka memerlukan Sarjana Hukum yang mampu menyusun kontrak internasional untuk melindungi kepentingan institusi/perusahaan mereka.

Jasa ahli hukum yang mampu menyusun kontrak bisnis internasional dibayar sangat tinggi oleh perusahaan dan law-firm multi-nasional karena peran mereka yang vital bagi kepentingan bisnis para pihak.

Deskripsi mata kuliah:

Mata kuliah Perancangan Kontrak Internasional (dahulu bernama International Contract Drafting) mengajarkan TEKNIK menulis kontrak bisnis dengan pihak asing secara step by step (langkah demi langkah, mulai Title, Preamble, Recital, Consideration, etc. sampai Signature ) dan mengajarkan bagaimana format kontrak bisnis internasional yang umum di dunia internasional. Oleh karena itu, matakuliah ini hanya mengajarkan TEKNIK menyusun kontrak dan tidak mengajarkan teori hukum perdata atau Hk Perdata Internasional. Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan menguasai cara menyusun dan menulis kontrak berbahasa Inggris yang benar. Mahasiswa juga diharapkan menguasai cara menyusun  letter of intent atau memorandum of understanding dan legal opinion.

Prasyarat:

  1. Mahasiswa menguasai bahasa Inggris (minimum secara pasif)
  2. Lulus MK Hk Perdata dan Hk Perikatan.

Diasuh oleh:

  1. Afifah Kusumadara, SH. LL.M. SJD.
  2. Hanif Nur Widhiyanti, SH. MHum.
  3. Dr. Patricia Audrey, SH. MKn.
  4. Hikmatul Ula, SH. MKn.
  5. AAA. Nanda Saraswati, SH. MH.

  1. Martina Ratna

    Ibu Afifah, saya Martina Ratna Paramitha alumni FHUB angkatan 2009 yang lulus januari tahun 2013.
    Sangat senang dan bangga sekali karena dahulu saya pernah mengikuti kelas ICD :)) dan langsung dapat saya aplikasikan dalam dunia kerja yang saya hadapi saat ini.
    Saya merupakan staff legal dari sebuah Perusahaan Kopi “Kapal Api” yang telah mempunyai nama di Indonesia dan mulai mengembangkan usahanya di dunia internasional, sehingga sangat memerlukan kemampuan dan keahlian khususnya dalam Perancangan Kontrak Internasional.
    Awalnya saya bingung ketika mendapat perintah dari atasan salah satunya untuk menyusun supply and purchase agreement dengan perusahaan di Jepang dan saya diminta untuk membuat kontrak dalam dua bahasa. Dan saya ingat, punya buku tebal full in english yaitu diktat ICD :))
    meskipun tidak lancar dalam berbahasa Inggris, tapi berkat ilmu dan buku ICD ini pekerjaan saya menjadi sangat terbantu.

    terima kasih banyak Ibu atas ilmu yang sudah diberikan :))
    You’re the best lecturer ever i had🙂
    Terima kasih banyak ibu :))

    warm regards,
    Martina Ratna Paramitha.

    • Bu Afifah

      Martina, saya senang sekali mendengar kabar dari anda. Semoga anda sukses selalu. Saya bersyukur bahwa pengetahuan ICD yg pernah saya berikan bermanfaat bagi mahasiswa. Komentar anda sudah saya tunjukkan ke mahasiswa yg sekarang ini mengambil ICD untuk menambah semangat mereka {^_^} . Saya masih ingat anda. Oke, sukses selalu untuk anda. Amin.

  2. Mohamad Gilang Nugroho

    Perkenalkan nama saya Mohamad Gilang Nugroho.
    Secara singkat dapat saya sampaikan testimonial saya sebagai berikut:
    Saya adalah mahasiswa angkatan 2006. Dahulu saya sempat mengambil ICD dan mengalami kesulitan dalam prosesnya. Namun demikian, Alhamdulillah nilai akhir saya mendapat C+ (seriously). Saya sempat menyesal mengambil mata kuliah ini karena memberatkan nilai total saya dan terekam seumur hidup.

    Saya lulus pada tahun 2010 dan mulai bekerja di sebuah lawfirm yang banyak bergerak dalam bidang korporasi atau dikenal sebagai corporate lawfirm yang merupakan tempat saya bekerja hingga saat ini. Saya adalah associate pertama di lawfirm ini sehingga selama saya bekerja tidak ada yang mengajari dan membimbing. Bila boleh curhat, 3 (tiga) jam pertama saya bekerja saya ingin kabur dan menangis karena tidak tahu harus apa (for real guys). Berhari-hari saya lewati dengan bekerja secara tidak efektif dan jauh dari terstruktur, sehingga banyak sekali mendapat teguran.

    Salah satu pekerjaan pertama saya saat itu adalah memeriksa kontrak-kontrak untuk menemukan hal-hal yang dapat mengancam keberlangsungan kontrak itu sendiri. Hasil pekerjaan saya tidak pernah memuaskan untuk lawfirm, sehingga berkali-kali saya merasa ingin menyerah dan keluar.

    Pada suatu saat, saya mulai membuka kembali modul yang diberikan Ibu Afifah dari kuliah International Contract Drafting (“ICD”), catatan-catatan kuliah, serta mengingat-ingat hal yang disampaikan oleh Ibu Afifah dalam kuliah untuk mempelajari kembali apa yang dahulu saya dapat.
    Singkat kata, materi-materi yang saya terima dalam kelas ICD membantu saya hingga saat ini, sehingga saya berhasil 1,5 tahun bertahan bekerja pada lawfirm tersebut dan tidak dipecat. Selanjutnya, dapat saya sampaikan bahwa akhirnya saya dipercaya untuk ikut serta dalam berbagai pekerjaan/proyek. Instansi-instansi dan proyek-proyek terkait perancangan/pemeriksaan kontrak dan sengketa kontrak yang pernah saya ikut serta dalam pengerjaannya antara lain sebagai berikut:

    1. Bank DKI
    Kontrak kerjasama penyelenggaraan system electronic ticketing (e-ticketing) di Transjakarta Busway.

    2. British Council
    a. Kontrak kerjasama dengan pihak ketiga untuk penyelenggaraan kegiatan;
    b. Pembuatan template/acuan standar untuk digunakan dalam berbagai kegiatan.

    3. Trakindo
    Memeriksa seluruh kontrak anak-anak perusahaan, Chandra Sakti Utama Leasing, Chakra Jawara, Chitra Paratama, Tri Swardana Utama, etc.

    4. Transjakarta Busway
    a. Kontrak kerjasama dengan operator bus untuk seluruh koridor yang dilelang sejak 2011;
    b. Kontrak kerjasama dengan coca cola untuk penempatan vending machine;
    c. Sengketa pada Badan Arbitrase Nasional dengan operator bus.

    5. PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
    Kontrak kredit dengan berbagai Bank.

    6. Vietindo
    Perjanjian usaha patungan / Joint Venture Contract, untuk pendirian perusahaan modal asing Vietnam di Indonesia.

    Demikian saya sampaikan testimonial saya.

    Bagi yang ingin berbagi pengalaman atau sekedar berbincang-bincang dengan saya, dapat menghubungi saya di email pribadi gie.mohamad@yahoo.com.

    Salam hangat,
    Gilang

    • Bu Afifah

      Dear Gilang:
      Terima kasih banyak atas testimoni yg sangat menarik. Testimoni anda merupakan bukti betapa bermanfaatnya MK ICD (sekarang: Perancangan Kontrak Internasional). Apalagi di era globalisasi abad 21, kuliah ini vital bagi mereka yg bergulat di bidang bisnis.
      Tidak peduli sulitnya MK ini, semua mahasiswa fakultas hukum pasti akan merasakan manfaatnya di pekerjaan mereka kelak.

      Sukses selalu untuk anda. Bu Afifah

  3. Perkenalkan nama saya Canggih Puspitasari, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Brawijaya tahun 2004 program kekhususan Hukum Internasional. Saya bukanlah murid yang pandai, jika dibandingkan teman-teman yang lain kecerdasan saya hanyalah rata-rata. Namun kelas ICD tidak pernah menjadi penghalang bagi saya untuk belajar, bahasa Inggris dan substansi ICD sangat bisa dipelajari. Dengan bimbingan dosen pengajar yang mumpuni di bidangnya saya merasa senang dan sangat-sangat menikmati kelas ICD. Substansi ICD memang tidaklah mudah, namun jika dipelajari ternyata itulah yang diperlukan saat kita lulus dan siap bekerja nanti.

    Saat ini saya bekerja di Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan. Skill kontrak drafting yang saya dapat di kelas ICD membawa saya dengan mudah beradaptasi dengan pekerjaan kantor yang jauh lebih rumit, misalnya membantu Pemerintah dalam kontrak investasi batubara dan membuat konsep kontrak perjanjian pajak berganda internasional. Dimana semua itu mustahil saya lakukan tanpa dasar-dasar kontrak internasional yang baik.

    Prestasi kerja membawa saya mendapatkan beasiswa meneruskan study S2 di University of Groningen, Belanda. Buku ICD yang tebal itu mengajarkan saya bahwa memang seperti ini selayaknya buku yang dibawa dan dipelajari mahasiswa hukum di seluruh dunia. Syarat untuk lulus hanya dua, disiplin dan rajin membaca. Keduanya sudah pernah diajarkan di kelas ICD, kesulitan berdaptasi di lingkungan belajar luar negeri pun teratasi sudah. Saya menulis thesis tentang Hardship Clause, yang mana merupakan dasar kontrak komersial internasional. Berbarengan dengan Indemnity, Guarantee dan Warranty yang mana semuanya memiliki karakteristik yang unik. Beruntungnya, pelajaran ini bisa di dapatkan di kelas ICD. Sehingga saya tidak menemukan kesulitan berarti ketika mengikuti pelajaran di kelas internasional dan ketika menulis thesis. FHUB sungguh beruntung memiliki kelas ini, bekal yang sangat signifikan bagi yang ingin meneruskan karir di bidang hukum atau melanjutkan study.

    Saya mampu menuliskan banyak hal tentang kelas ICD karena kelas ini batu loncatan saya yang sangat berarti. Hanya 1 mata kuliah, tapi mampu membuka mata saya akan apa yang akan saya hadapi di masa depan. Buku ICD memang tebal, tapi isinya juga mantab. Buku itu sudah jelek sekarang, terlalu sering dibuka, dibaca, dibawa kemana-mana. Tas memang akan berat, tangan memang akan sakit, kepalapun akan terasa pusing, tapi ilmu akan terus bertambah dan itu yang kita butuhkan. ^^

    ICD class, I know I can’t thank you enough.🙂

    • Bu Afifah

      Canggih, terima kasih banyak atas komentar anda. Semoga mahasiswa FHUB dapat belajar dari pengalaman anda ini. Semoga mereka juga akan sesukses Canggih. Amin.
      Sukses selalu, Bu Afifah

  4. hendryzal

    Terimakasih atas penjelasan ibu namun saya masih ingin bertanya kepada ibu apakah untuk pasca ada khusus untuk mengambil program yang dimasud tersebut. Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih.

    • Bu Afifah

      Terima kasih. Di Program Pasca FH Unibraw tidak ada matakuliah Perancangan Kontrak Internasional, karena itu bukan bagian kurikulum Program Pasca. Jadi matakuliah ini memang untuk mahasiswa S1 dan di bawah naungan Laboratorium Hukum FH Unibraw. Sekitar 7 tahun lalu, Laboratorium Hukum membuka pelatihan keterampilan penyusunan kontrak internasional dan bahkan kerjasama dg PERADI. Akan tetapi, setelah mahasiswa FH Unibraw bertambah banyak tiap tahunnya, kami tim dosen matakuliah Perancangan Kontrak Internasional tidak ada waktu lagi untuk memberikan pelatihan di luar jam mengajar.
      Coba saya bicarakan dengan Ketua Lab Hukum kemungkinan untuk dibuka pelatihan/workshop bagi peserta dari luar mahasiswa FH Unibraw. Bagaimana kemungkinannnya, bagaimana teknisnya, bagaimana pembiayaannya. Terima kasih perhatiannya.

    • hendryzal

      Baik buk, terima kasih sekali lagi tapi saya ingin minta bantuan ibu kembali karena saya coba broswing cari data ketua lab. fh. unibraw dapat tapi ndak bisa saya baca jadi saya mohon kepada ibu untuk dapat memberikan data tersebut kepada saya.

  5. hendryzal

    Saya ingin mahir dalam membuat kontrak dalam bahasa inggris mohon petunjuk ibu karena saya membaca ada mata kuliah perancangan kontrak internasional, tujuan yang ingin saya capai adalah untuk menjadi pembuat kontrak dalam bahasa inggris karena di Pekanbaru banyak investor asing yang menanamkan sahamnya sehingga saya ingin mengambil kesempatan ini sebagai spesialis.
    terima kasih atas sarannya.

    • Bu Afifah

      Terima kasih. Mata kuliah Perancangan Kontrak Internasional diberikan di program S1 FH Unibraw, sebagai matakuliah praktek. Matakuliah ini diberikan selama 1 semester dengan tugas-tugas dan Ujian Semester. Saya tidak tahu apakah Pak Hendryzal boleh mengambil matakuliah ini di FH Unibraw karena matakuliah ini bukan program spesialisasi. Terima kasih atas apresiasinya. Bu Afifah.

  6. saya ingin membaca dan menambah ilmu tentang pengetauai hukum bisnis interntional, jika berkenan tolong bahan_bahan di emai ke email saya

  7. gatot robby bhaskara

    terimakasih atas pelajaran yang ibu berikan di kelas ^_^

  8. Joyce Perdana Kemala

    Good day, Mrs. Afifah . . .
    I’m really glad take ur ICD Class this semester , , ,
    Actually i’m not International Concentration Student neither Bussiness Law, , ,
    But i knew, ur class will give me so much advantages moreover for my skill in the future , , ,
    Especially I really intend to have a job on Multi National Corps. , their cualification requires ICD skill . . .
    i will work hard for ur class , although my skill on Contract Drafting not really good . . .

    And i suggest other Law Faculty students of Our beloved University to take this class , , , u won’t regret it guys!

    For you, Mam . . . I have been admire u since i took ur International Civil Law Class ,
    i wish i can get LLm title like you , , ,
    can i get any recommendation of scholarship web that i can try to apply?

    Sorry, Mam,,,, if this comment post made u bored , , ,
    But thanks so much for ur guide and ur help all this time , , ,
    God bless u, mam . . . and Our best regard for ur family , , ,

  9. Asssalamualaikum,

    Dear Bu afifah ,pengajar ICD yang lain nya dan juga para adik-adik mahasiswa FH UB,

    saya Rudi Bachtiar Rifai Mahasiswa FH angkatan 2005 konsentrasi Hukum Internasional, saat ini saya bekerja dan tentu saja masih dalam tahap belajar lagi di salah satu legal Consultant di Jakarta ( Sani, Aminoeddin and Partners) sebagai Junior Associate, kantor saya fokus pada bidang Corporate seperti Merger and Acquisition, Capital Market, Banking and Finance, Restructuring and Insolvency dan Corporate Litigation,
    sebagai Sarjana Hukum Khususnya Hukum Internasional yang notabene merupakan Hukum Publik, tentu saja banyak hal yang harus dipelajari banyak tentang hukum bisnis dan hukum perdata lain nya, dan saya sangat beruntung sekali karena pada waktu kuliah saya mengambil mata kuliah International Contract Drafting karena kira-kira 90 persen transaksi bisnis private maupun government project saat ini menggunakan contract drafting dalam bahasa inggris, jadi hal tersebut merupakan suatu hal yang sangat wajib untuk dipelajari seorang sarjana hukum.

    Karena hal tersebut diatas, tentu saja mata kuliah International Contract Drafting bukan saja mata kuliah wajib buat anak Konsentrasi Hukum Internasional, namun bagi semua sarjana hukum (apalagi untuk hukum bisnis) menurut saya wajib untuk dipelajari, karena selain menambah wawasan anda juga sangat relevan dengan karir seorang sarjana hukum khususnya yang ingin menjadi seorang legal consultant, In House Counsel atau Government Official, teknik ICD dan legal english sangat lah penting untuk karir para mahasiswa hukum di masa depan.
    demikian yang dapat saya sampaikan, sukses selalu buat para mahasiswa FH UB dan tentu saja buat Ibu Afifah dan para pengajar ICD lain nya

    Kindly Regards

    Rudi Bachtiar Rifai

    • Bu Afifah

      Terima kasih untuk komentar dari Bachtiar. Semoga pengalaman Bachtiar dalam menjalani perkuliahan ICD dan menerapkan pengetahuan ICDnya di law firm tempatnya bekerja, dapat dijadikan rujukan bagi para adik kelas di FH UB. Sukses selalu untuk Bachtiar. Best wishes, Bu Afifah.

  10. Endah Nur Farida

    Bu Afifah, maaf, saya baru mengirim comment kuliah ICD dan HEI sekarang. saya senang dengan cara mengajar Ibu dan kedisiplinan yang Ibu ajarkan kepada kami. pengalaman dan pengetahuan baru saya dapatkan dari mata kuliah ICD dan HEI yang Ibu ajarkan. dengan cara mengajar Bu Afifah yang demikian materi kuliah dapat mudah dipahami dan saya juga mendapatkan pengetahuan baru mengenai bahasa Inggris hukum terutama dalam bahasa Inggris kontrak. terima kasih Bu Afifah…..semoga semua ilmu yang Ibu ajarkan kepada kami berguna bagi kami …

    • Bu Afifah

      Terima kasih untuk comment anda, Endang. Komentar anda memberikan semangat bagi saya untuk mengajar dg sebaik-baiknya. Semoga apa yg sudah anda terima di kelas HEI dan ICD dapat bermanfaat bagi kehidupan anda nanti.

  11. Alie Zainal Abidin

    Assalamu’alaikum wr wb.. Bu, terima kasih atas pengamalan ilmu bu Afifah kepada kami. Oh iya bu, tolong disampaikan kepada suami ibu.. sebenarnya saya adalah Juventini sejati bu.. Terima Kasih..

    • Bu Afifah

      Terima kasih untuk comment anda, Alie. Semoga ilmu yg saya berikan ada manfaatnya bagi anda kelak. Salam juventus dari suami saya🙂

  12. TIKA ULLYATIFA

    Mengikuti kuliah ICD buat tika menambah pengalaman. menambah pengetahuan tentang bahasa inggris dalam membuat kontrak kerjasama.
    Bu Afifah dalam memberikan contoh sangat relevan dan berguna. tahap demi tahap dijelaskan dengan seksama dan jelas sekali.
    literatur yang diberikan juga sesuai dengan perkembangan.
    kelas kecil juga membuat suasana belajar menjadi nyaman.
    terutama tugas yang diberikan sesuai dengan materi yang telah saya dapat.
    pesan saya untuk mahasiswa yang belum mengambil mata kuliah ICD, mata kuliah ICD sangat berguna terutama nantinya di dunia kerja.
    terima kasih bu Afifah atas bimbingannya selama ini. .

  13. elisabeth septin puspoayu

    kelas ICD oleh bu afifah merupakan pengalaman baru buat saya bu. banyak pengetahuan yang baru yang saya dapat, di dukung oleh cara mengajar Ibu yang tidak membosankan dan dapat saya ikuti, saya lebih mengerti tentang mata kuliah ini. terimakasih bu…

    • karyatulishukum

      Terima kasih banyak untuk komentarnya, Elisabeth. Semoga kuliah ICD dari saya dapat membawa manfaat bagi masa depan anda. Amin. Bu Afifah.

  14. Fatimah Kusumawardani

    Selama mengikuti perkuliahan ICD, saya merasa wawasan saya kian bertambah, terutama mengenai bagaimana membuat kontrak internasional secara baik dan benar serta pengetahuan umum lain yg bermanfaat. Penyajian materi dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen pengajar (Bu Afifah) mudah untuk dimengerti, karena penjelasan secara detail, literatur dan contoh-contoh yang diberikan relevan dengan apa yg diujikan. Proses diskusi yg berlangsung di kelas memungkinkan para mahasiswa untuk berinteraksi secara interaktif terutama mengenai kesulitan yg dihadapi. Saya banyak belajar tentang istilah-istilah bahasa Inggris kontrak secara hukum,yang ternyata memiliki pengertian dan aplikasi yg berbeda dengan bahasa daily English yg selama ini saya ketahui. Selain itu, bagaimana pengaplikasian kontrak secara kontekstual dan praktikal oleh proffesional lawyer yg memang memiliki perbedaan. Hal tersebut sangat berguna tentunya.
    Dalam mengikuti perkuliahan ICD, saya pikir mahasiswa harus memiliki basic bahasa Inggris dan Contract Drafting yg memadai agar tidak mengalami kesulitan ketika mengambil mata kuliah ICD. Basic tersebut akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa yg akan menempuh mata kuliah ICD, sehingga memudahkan untuk mencerna materi selama perkuliahan ICD. Terimakasih atas bantuan dan bimbingan Bu Afifah selama ini terutama ketika perkuliahan ICD. Sukses selalu untuk tim pengajar ICD!

    Fatimah Kusumawardani
    Fak. Hukum
    Universitas Brawijaya

    • karyatulishukum

      Terima kasih banyak untuk comment Fatimah. Comment ini akan bermanfaat untuk mahasiswa lainnya yg mungkin tertarik untuk mengikuti kuliah International Contract Drafting yad.
      Untuk mahasiswa-mahasiswa lainnya, silakan kalau mau menuliskan comment anda yg berisi kesan anda, manfaat yg anda peroleh dari kuliah ICD, serta masukan kalau ada. Terima kasih sebelumnya.
      Bu Afifah.

    • Zairul Alam

      ICD adalah MK yang saya ambil sekitar tahun 1996, dan saya masih ingat ketika mahasiswa begitu banyak istilah baru bahasa inggris yang saya pelajari, dan sangat berguna sebagai pintu awal perkenalan saya dengan “legal english”

      Kebetulan ada buku tentang ICD, dan saya sudah kirimkan ke email ibu, mungkin bisa bermanfaat dan bisa dishare dengan staff pengajar yang lain dan mahasiswa yang sedang menempuh ICD :

      A Short Course in International Contracts: Drafting the International Sales Contract: For Attorneys and Non-Attorneys, 2nd Edition
      by Karla C. Shippey ISBN:1885073658
      World Trade Press © 2003 (184 pages)

      This book covers the underlying need for and use of contracts in international business; it provides specific information about writing basic and advanced contract provisions, attorney use, enforcement, dispute resolutions, arbitration and litigation

      Terima Kasih, dan Sukses Selalu

      M. Zairul Alam

      • Bu Afifah

        Terima kasih informasi bukunya, Pak Irul. Akan saya pelajari dengan seksama.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: